PEMBELAJARAN ALQURAN DAN HADITS

Kamis, 05 Juli 2018

PEMBELAJARAN ALQURAN DAN HADITS


A. Fungsi Pembelajaran al-Qur’an dan Hadits Madrasah Aliyah
Mata pelajaran al-Qur’an dan Hadits pada Madrasah Aliyah memiliki fungsi sebagai berikut :
1. Pemahaman, yaitu menyampaikan ilmu pengetahuan cara membaca dan menulis Al-Qur’an serta kandungan Al-Qur’an dan Hadits.
2. Sumber nilai, yaitu memberikan pedoman hidup untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.
3. Sumber motivasi, yaitu memberikan dorongan untuk meningkatkan kualitas hidup beragama, bermasyarakat dan bernegara.
4. Pengembangan, yaitu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik dalam meyakini kebenaran ajaran Agama Islam, melanjutkan upaya yang telah dilaksanakan dalam lingkungan keluarga maupun jenjang pendidikan sebelumnya.
5. Perbaikan, yaitu memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam keyakinan, pemahaman dan pengamalan ajaran Islam peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.
6. Pencegahan, yaitu untuk menangkal hal-hal negatif dari lingkungan atau budaya lain yang dapat membahayakan diri peserta didik dan menghambat perkembangannya menuju manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.
7. Pembiasaan, yaitu menyampaikan pengetahuan, pendidikan dan penanaman nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadits pada peserta didik sebagai petunjuk dan pedoman dalam seluruh kehidupannya.
B. Tujuan Pembelajaran al-Qur’an dan Hadits Madrasah Aliyah
Mata pelajaran Al-Qur’an-Hadits di tingkat Madrasah Aliyah bertujuan supaya :
1. Meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap al-Qur’an dan Hadits.
2. Membekali peserta didik dengan dalil-dalil yang terdapat dalam al-Qur’an dan Hadits sebagai pedoman dalam menyikapi dan menghadapi kehidupan.
3. Meningkatkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan al-Qur’an dan Hadits yang dilandasi oleh dasar-dasar keilmuan tentang al-Qur’an dan Hadits.
C. Contoh Tujuan Pembelajaran yang Terdapat dalam Mata Pelajaran al-Qur’an dan Hadits Madrasah Aliyah
Salah satu contoh tujuan pembelajaran yang terdapat dalam mata pelajaran al-Qur’an dan Hadits Madrasah Aliyah yaitu seperti yang terdapat dalam buku guru mata pelajaran al-Qur’an dan Hadits Madrasah Aliyah kelas ke sepuluh, lebih tepatnya dalam bab ke tiga dengan judul materi “Tujuan dan Fungsi Kitabku”, adalah sebagai berikut:
Setelah melakukan pengamatan, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasi diharapkan:
1. Peserta didik dapat menjelaskan tujuan dan fungsi al-Qur’an dengan benar.
2. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan al-Qur’an dengan benar.
3. Peserta didik dapat menerapkan fungsi al-Qur’an dengan benar.
Tidak jauh berbeda dengan yang terdapat dalam buku guru. Dalam buku siswa pada mata pelajaran al-Qur’an dan Hadits Madrasah Aliyah kelas sepuluh tepatnya pada bab ke tiga, tujuan pembelajarannya juga berisi hal yang sama namun hanya berbeda kata-katanya saja. Penulisan judul bab juga berubah dalam buku siswa, yang asalnya dalam buku guru dikatakan sebagai “Tujuan dan Fungsi Kitabku”; dalam buku siswa menjadi “Tujuan dan Fungsi al-Qur’an”. Adapun tujuan pembelajaran yang terdapat dalam buku siswa adalah sebagai berikut:
1. Murid dapat menjelaskan tujuan dan fungsi al-Qur’an.
2. Murid dapat menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan al-Qur’an.
3. Murid dapat menerapkan fungsi al-Qur’an.
Adapun materi pokok yang terdapat dalam bab tersebut adalah sebagai berikut:
1. Kedudukan al-Qur’an
Dalam sub bab ini menjelaskan bahwa Al-Qur’an merupakan sumber pokok bagi ajaran Islam. Al-Qur’an juga merupakan sumber hukum yang utama dan pertama dalam Islam. Sebagai sumber pokok ajaran Islam, al-Qur’an berisi ajaran-ajaran yang lengkap dan sempurna yang meliputi seluruh aspek yang dibutuhkan dalam kehidupan umat manusia, terutama umat Islam. Sebagai sumber hukum, al-Qur’an telah memberikan tata aturan yang lengkap, ada yang masih bersifat global (mujmal) dan ada pula yang bersifat detail (tafsil). Al-Qur’an mengatur dengan isertai konsekuensi-konsekuensi demi terciptanya tatanan kehidupan manusia yang teratur, harmonis, bahagia dan sejahtera, baik lahir maupun batin.
2. Tujuan dan Fungsi al-Qur’an
Dalam sub bab ini dijelaskan bahwa Al-Qur’an memiliki beberapa fungsi dan tujuan bagi kehidupan umat manusia, terutama umat Islam. Adapun fungsi dan tujuan tersebut adalah sebagai berikut:
a. al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia
Banyak ayat al-Qur’an yang menjelaskan tentang fungsi al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia. Beberapa ayat di antaranya adalah sebagai berikut:
شَهۡرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِيٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلۡقُرۡءَانُ هُدٗى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٖ مِّنَ ٱلۡهُدَىٰ وَٱلۡفُرۡقَانِۚ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهۡرَ فَلۡيَصُمۡهُۖ وَمَن كَانَ مَرِيضًا أَوۡ عَلَىٰ سَفَرٖ فَعِدَّةٞ مِّنۡ أَيَّامٍ أُخَرَۗ يُرِيدُ ٱللَّهُ بِكُمُ ٱلۡيُسۡرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ ٱلۡعُسۡرَ وَلِتُكۡمِلُواْ ٱلۡعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُواْ ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمۡ وَلَعَلَّكُمۡ تَشۡكُرُونَ ١٨٥
Artinya:
“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur” (al-baqoroh: 185).
Atau ayat lain yang lebih khusus menegaskan bahwa al-Qur’an berfungsi sebagai petunjuk bagi manusia yang bertakwa.
ذَٰلِكَ ٱلۡكِتَٰبُ لَا رَيۡبَۛ فِيهِۛ هُدٗى لِّلۡمُتَّقِينَ ٢
Artinya:
“Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa” (al-Baqoroh: 2).
Dari beberapa penjelasan ayat tersebut di atas dapat diambil kesimpulan bahwa salah satu fungsi terpenting al-Qur’an adalah sebagai petunjuk bagi manusia.
b. al-Qur’an sebagai sumber pokok ajaran Islam
Dalam sebuah ayat, Allah SWT., menegaskan bahwa al-Qur’an diturunkan dengan membawa kebenaran hakiki yang berfungsi sebagai dasar penetapan hukum yang harus dipegang teguh oleh Nabi Muhammad Saw, tidak boleh sedikitpun menyimpang dari al-Qur’an. Dan tentunya hal ini juga harus dipegang teguh oleh umat Islam. Sebagaimana dijelaskan dalam QS. an-Nisa’ ayat 105.
إِنَّآ أَنزَلۡنَآ إِلَيۡكَ ٱلۡكِتَٰبَ بِٱلۡحَقِّ لِتَحۡكُمَ بَيۡنَ ٱلنَّاسِ بِمَآ أَرَىٰكَ ٱللَّهُۚ وَلَا تَكُن لِّلۡخَآئِنِينَ خَصِيمٗا ١٠٥
Artinya:
“Sesungguhnya Kami telah menurunkan kitab kepadamu dengan membawa kebenaran, supaya kamu mengadili antara manusia dengan apa yang telah Allah wahyukan kepadamu, dan janganlah kamu menjadi penantang (orang yang tidak bersalah), karena (membela) orang-orang yang khianat”.
c. al-Qur’an sebagai peringatan dan pelajaran bagi manusia
Sebagai peringatan dan pelajaran bagi manusia maksudnya adalah al-Qur’an merupakan kitab suci dengan konsep ajaran yang salah satu ajarannya adalah berupa sejarah atau kisah umat terdahulu. Dalam kisah-kisah itu dijelaskan bahwa ada di antara umat manusia sebagian orang-orang yang beriman, taat dan shalih, namun ada pula sebagian yang lain orang-orang yang kafir, maksiat dan tidak shalih. Kepada mereka yang shalih, Allah SWT., menjanjikan kebaikan di dunia dan pahala (surga) di akhirat karena ridla-Nya, sebaliknya kepada mereka yang kafir, durhaka dan tidak shalih, Allah SWT., mengancam dengan ancaman hukuman dan azab baik di dunia maupun di akhirat.
Dalam sebuah ayat Allah SWT. menegaskan tentang fungsi al-Qur’an sebagai peringatan dan pelajaran bagi orang-orang yang beriman.
كِتَٰبٌ أُنزِلَ إِلَيۡكَ فَلَا يَكُن فِي صَدۡرِكَ حَرَجٞ مِّنۡهُ لِتُنذِرَ بِهِۦ وَذِكۡرَىٰ لِلۡمُؤۡمِنِينَ ٢
Artinya:
“Ini adalah sebuah kitab yang diturunkan kepadamu, maka janganlah ada kesempitan di dalam dadamu karenanya, supaya kamu memberi peringatan dengan kitab itu (kepada orang kafir), dan menjadi pelajaran bagi orang-orang yang beriman” (al-A’rof: 2).
Apabila manusia, terutama umat Islam telah memfungsikan al-Qur’an dengan cara menjadikan al-Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman hidup, menerapkan dan melaksanakan segala ajaran Islam sesuai dengan ajaranajaran al-Qur’an, serta mengambil pelajaran yang baik dan positif dan meneladaninya dan meninggalkan yang negatif, niscaya keselamatan, kesuksesan dan kebahagiaanlah yang akan diperoleh baik di dunia maupun di akhirat. Itulah fungsi dan tujuan diturunkannya al-Qur’an.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan/Ringkasan
Mata pelajaran al-Qur’an dan Hadits pada Madrasah Aliyah memiliki fungsi sebagai pemahaman, sumber nilai, sumber motivasi, pengembangan, perbaikan, pencegahan, dan sebagai pembiasaan.
Adapun tujuan Mata pelajaran al-Qur’an dan Hadits pada Madrasah Aliyah adalah supaya dapat meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap al-Qur’an dan Hadits, membekali peserta didik dengan dalil-dalil yang terdapat dalam al-Qur’an dan Hadits sebagai pedoman dalam menyikapi dan menghadapi kehidupan, dan juga supaya peserta didik dapat Meningkatkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan al-Qur’an dan Hadits yang dilandasi oleh dasar-dasar keilmuan tentang al-Qur’an dan Hadits.
B. Saran-Saran/Rekomendasi
Penulis merekomendasikan kepada pembaca supaya tidak menggunakan makalah ini sebagai acuan yang mutlak, karena makalah ini masih belum sempurna. Oleh karena itu penulis merekomendasikan kepada semua pembaca makalah ini untuk mencari sumber – sumber lain untuk menyempurnakan makalah ini.
DAFTAR PUSTAKA
KEMENAG RI. 2014. Buku Siswa: Al-Qur’an Hadits (Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013) Madrsah Aliyah Kelas X. Jakarta: Kementrian Agama Republik Indonesia.
KEMENAG RI. 2014. Buku Guru: Al-Qur’an Hadits (Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013) Madrsah Aliyah Kelas X. Jakarta: Kementrian Agama Republik Indonesia.
Blog Qur’an Hadits Online. Pengenalan Mata Pelajaran Qur’an Hadits Tingkat Madrasah Aliyah (online), https://quranhadits20.wordpress.com/2011/04/10/pengenalan-mata-pelajaran-qur%e2%80%99an-hadits-tingkat-madrasah-aliyah/. Diakses pada tanggal 31 Oktober 2014.
Asrofuddin (Perjalanan Menuju Islam). Tujuan dan Fungsi Mata Pelajaran Qur’an Hadits MA (online), http://asrofudin.blogspot.com/2010/05/tujuan-dan-fungsi-mapel-quran-hadits.html. Diakses pada tanggal 31 Oktober 2014.
eprints.walisongo.ac.id/799/3/083111011_BAB1.pdf. Diakses pada tanggal 31 Oktober 2014.

0 komentar :

Posting Komentar